RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SISTEM PERIODIK UNSUR
Nama
Sekolah : SMAN 1 Kualuh Hilir
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester :
X / 1
Standar Kompetensi :
1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan
ikatan kimia
Kompetensi Dasar :
1.1. Memahami
struktur atom berdasarkan teori atom Bohr,
sifat-sifat
unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat
periodik
unsur dalam tabel periodik serta menyadari
keteraturannya,
melalui pemahaman konfigurasi elektron.
Alokasi Waktu :
6 Jam Pelajaran
I. Indikator
Pencapaian Kompetensi:
(1)
Mendeskripsikan struktur sistem periodik unsur.
(2) Membandingkan
perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangannya.
(3) Menentukan
letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron, atau
sebaliknya.
(4) Menganalisis
tabel atau grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi,
afinitas elektron dan keelektronegatifan.
(5) Mengklasifikasikan
unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
II. Tujuan:
Siswa dapat,
(1)
Menggambar kerangka sistem periodik.
(2)
Menentukan nomor periode dan golongan dalam sistem
periodik modern.
(3)
Menuliskan unsur-unsur golongan alkali, alkali
tanah, halogen, gas mulia, periode-2 dan periode-3.
(4)
Menyatakan ide pokok dalam tride Dobereiner, oktaf
Newlands, sistem periodik Mendeleev dan sistem periodik Moseley.
(5)
Menyatakan kelemahan gagasan Dobereiner, Newlands
dan Mendeleev.
(6)
Menentukan letak unsur dalam sistem periodik
berdasarkan konfigurasi elektron atau sebaliknya.
(7)
Menyebutkan arti jari-jari atom, energi ionisasi,
afinitas elektron, dan keelektronegatifan.
(8)
Menyimpulkan kecenderungan jari-jari atom, energi
ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan dalam periode dan golongan
berdasarkan data atau grafik.
(9)
Menyimpulkan sifat-sifat logam, non logam dan
metaloid.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
III. Materi Ajar :
Sistem
Periodik Unsur
o
Struktur sistem periodik modern
o
Hubungan sistem periodik dengan konfigurasi
elektron.
o
Perkembangan dasar pengelompokan unsur
o
Sifat-sifat periodik unsur (jari-jari atom, energi
ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan).
o
Sifat-sifat unsur dalam sistem peruiodik
(khususnya logam dan non logam)
IV. Metode pendekatan:
- Ceramah / penyampaian informasi.
- Diskusi
- Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami struktur atom berdasarkan
teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat
periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui
pemahaman konfigurasi elektron.
|
·
Mengkaji sistem periodik untuk
memahami makna daftar tersebut melalui diskusi kelas
|
·
Siswa dapat Mendeskripsikan
struktur sistem periodik unsur.
|
V. Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (1 jam
pelajaran).
Materi : Mengenal tabel periodik
unsur.
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam
pembuka
o Appersepsi:
Sebelum
pengetahuan tentang struktur atom, Medeleev, seorang ahli kimia dari Rusia,
yaitu pada tahun 1869, telah berhasil menyusun suatu daftar unsur-unsur yang
boleh dikatakan sama dengan tabel periodik unsur modern. Namun demikian, Mendeleev tidak dapat
menjelaskan keperiodikan sifat-sifat unsur tersebut. Kini, setelah pengetahuan tntang struktur
atom, kta dapat menjelaskan sifat-sifat unsur tersebut.
o Motivasi:
Tabel
periodik unsur banyak manfaatnya dalam meMpelajari sifat-sifat unsur. Oleh karena itu sangat penting untuk
mengetahui letak unsur dalam sistem periodik.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o Mengklasifikasikan
unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid, berdasarkan konfigurasi
elektron/letak unsur dalam sistem periodik.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o Diskusi /
membahas tabel periodik unsur sesuai dengan LKS 2.1.(nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui.(nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o Menyimpulkan
makna tabel periodik .(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o Memberi
tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.2 dan LKS 2.3). (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi: Sistem periodik dan konfigurasi elektron
Perkembangan dasar pengelompokan unsur
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam
pembuka. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o Memeriksa
kehadiran siswa.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
o Memeriksa
sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o Membahas
LKS 2.2 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas.(nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o Membahas
LKS 2.3 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o Presentasi
kelompok tentang LKS 2.3.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui.(nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan
inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan.);
o Memberi
tugas untuk pertemuan berikutnya (Mengerjakan LKS 2.4). (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Pertemuan Ketiga: (3 jam
pelajaran)
Materi: Sifat-sifat periodik unsur
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam
pembuka
o Memeriksa
kehadiran siswa.
o Memeriksa sepintas
PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan
Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o Membahas
LKS 2.4 melalui diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o Jika ada
sisa waktu digunakan untuk latihan soal (uji kompetensi). (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui.(nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan
inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan.);
o Memberi
tugas untuk pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan.);
Pertemuan Keempat: (1 jam
pelajaran)
Ulangan harian (soal dapat dilihat
pada kartu soal).
VI.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
VII. Penilaian:
Mengetahui,
|
Kampung Mesjid, Juli 2014
|
Kepala
SMAN 1 Kualuh Hilir
|
Guru Mata Pelajaran
|
H.TEHEGO LOMBU,S.Pd
|
SOFIAN ARITONANG,S.Pd
|
NIP. 19600917
198303 1 008
|
NIP.29820611 200903 1 004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar