Kamis, 04 Desember 2014

SILABUS PEMBELAJARAN



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :  SMAN 1 KUALUH HILIR
mata Pelajaran          :  KIMIA
Kelas/Semester          :  X/1
Standar Kompetensi :  1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Alokasi waktu            :  16 JP (UH 2 JP)
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
NilaiBudaya Dan KarakterBangsa
Kewirausahaan/
EkonomiKreatif
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/Bahan/alat
1.1.Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

o Perkembangan teori atom, mulai dari teori Dalton sampai dengan teori atom modern
  Jujur
  Kerja kera
  Toleransi
  Rasa ingintahu
  Komunikatif
  Menghargaiprestasi
  Tanggung Jawab
  Pedulilingkungan
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

o    Mengkaji atom sebagai partikel dasar penyusun materi (teori atom Dalton) dalam diskusi kelompok.
o    Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom (di rumah setelah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya)
o    Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian
o    Menyimpulkan hasil pembelajaran
o    Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isoton dan isoton melalui kerja kelompok.
o    Mengkaji massa atom dan massa atom  relatif dalam diskusi kelompok.
o    Mengkaji konfigurasi elektron dan cara penulisannya dalam diskusi kelas.
o    Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen
o    Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.
o    Menentukan massa atom relatif berdasarkan kelimpahan isotopnya
o    Menentukan massa molekul relatif.
o    Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.
Jenis tagihan:
Tugas kelompok
Kuis
Ulangan
Bentuk instrumen:
Laporan tertulis
Performans (Kinerja dan sikap)
Tes tertulis
6 JP
Sumber:
Buku kimia,
Tabel periodik
LKS
o Perkembangan tabel periodik unsur
  Jujur
  Kerja kera
  Toleransi
  Rasa ingintahu
  Komunikatif
  Menghargaiprestasi
  Tanggung Jawab
  Pedulilingkungan
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

o    Mengkaji sistem periodik untuk memahami makna daftar tersebut melalui diskusi kelas.
o    Mengkaji literatur tentang perkembangan tabel periodik unsur dalam kerja kelompok
o    Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur.
o    Mendeskripsikan struktur sistem periodik unsur.
o    Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.

2 JP
o  Sifatkepriodikanunsur
  Jujur
  Kerja kera
  Toleransi
  Rasa ingintahu
  Komunikatif
  Menghargaiprestasi
  Tanggung Jawab
  Pedulilingkungan
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

o    Mengkajiketeraturanjari-jari atom, energiionisasi, afinitaselektron, dankeelektronegatifanunsur-unsurseperiodedansegolonganberdasarkan data ataugrafikdannomor atom melaluidiskusikelompok.
o    Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan.
o    Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metaloid
o    Menentukan letak unsur sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron, atau sebaliknya.
o    Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
o    Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
4 JP
1.2. Membandi-ngkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinat dan ikatan logam, serta hubungannnya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.
Ikatan kimia
o Kestabilan unsur
o Struktur lewis
o Ikatan ion dan ikatan kovalen
o Ikatankovalenkoordinat
  Jujur
  Kerja kera
  Toleransi
  Rasa ingintahu
  Komunikatif
  Menghargaiprestasi
  Tanggung Jawab
  Pedulilingkungan
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

o  Menhgkaji beberapa senyawa untuk menentukan mengapa  atom-atom membentuk ikatan kimia.
o  Menentukan unsur yang dapat melepas elektron atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok.
o  Menggambarkan lambang Lewis melalui diskusi kelas
o  Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam diskusi kelas.
o  Mendiskusikan proses terjadinya ikatan kovalen koordinat dari beberapa contoh sederhana
o  Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
o  Menggambarkan lambang Lewis unsur gas mulia (duplet dan oktet) dan unsur bukan gas mulia.
o  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion
o  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dan rangkap tiga.
o  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi
Jenis tagihan:
Kuis
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk instrumen:
Laporan tertulis
Performans (Kinerja dan sikap)
Tes tertulis
4 JP
Sumber:
Bukukimia

Bahan/Alat
LKS
o Senyawakovalen polar dan non polar
o ikatanlogam
  Jujur
  Kerja kera
  Toleransi
  Rasa ingintahu
  Komunikatif
  Menghargaiprestasi
  Tanggung Jawab
  Pedulilingkungan
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

o Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium
o Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannnya dengan proses pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium.
o Menyelidiki kepolaran dari beberapa senyawa dan menghubungkannya dengan kelektronegatifan unsur-unsur melalui percobaan
o Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannnya dengan sifat fisik logam
o Menghubungkan sifat fisis materi dan hubungannnya dengan jenis ikatan kimianya.
2 JP






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar